Cara jitu atasi peluit panci presto yang tidak berfungsi, gampang dipraktikkan

Cara jitu atasi peluit panci presto yang tidak berfungsi, gampang dipraktikkan
foto: YouTube/Dadang zed tutorial

Brilio.net - Panci presto sering digunakan untuk memasak aneka hidangan agar teksturnya cepat empuk. Dilansir dari exploratorium.edu, memasak menggunakan jenis panci satu ini memang terbukti jauh lebih cepat daripada panci biasa karena suhunya bisa jauh lebih panas. Jika panci biasa hanya bisa mencapai 100 derajat celcius, maka panci presto bisa panas bahkan hingga 121 derajat celcius, lho.

Nggak heran jika daging, kacang hijau, maupun jenis makanan dengan tekstur keras lainnya bisa jadi empuk hanya dalam hitungan menit saja. Meski proses memasak dalam suhu tinggi, panci presto juga tidak mudah membuat masakan jadi kering, lho. Namun, layaknya peralatan masak lain, panci presto juga wajib dirawat secara rutin agar awet buat dipakai dalam jangka waktu lama. Jika tak dirawat, panci presto bisa-bisa tak lagi berfungsi, lho.

Tanda panci presto tak berfungsi dengan baik biasanya peluit di atasnya tak berputar dan mengeluarkan uap. Uapnya justru biasanya keluar dari pinggiran panci di bagian gagangnya. Jika mengalami hal serupa, sebaiknya jangan panik karena kondisi ini bisa diatasi. Seorang pengguna YouTube bernama Dadang membagikan cara untuk memperbaiki panci presto yang tak berfungsi ini lewat sebuah videonya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya