Cara jitu bikin sambal merah serbaguna ala rumah makan padang agar tak pahit dan awet hingga 1 minggu

Cara jitu bikin sambal merah serbaguna ala rumah makan padang agar tak pahit dan awet hingga 1 minggu
YouTube/Asri Saputra

Brilio.net - Sambal merah khas rumah makan padang dikenal pula dengan sebutan sambal lado. Sambal merah ini bisa dibilang sebagai bumbu utama maupun serbaguna untuk membuat sejumlah hidangan padang, lho. Contohnya ada terong balado, oseng kentang dan hati, telur balado, dendeng balado, nasi goreng padang, atau bahkan jadi sambal cocol begitu saja.

Sambal merah khas rumah makan padang ini juga dikenal wangi karena dibuat pakai tambahan daun jeruk serta daun kunyit. Tetapi terkadang banyak yang keliru soal cara pembuatannya, sehingga hasil sambal merah masih cenderung pahit dan tak awet disimpan dalam jangka waktu lama.

Nah, salah seorang warganet bernama Asri sempat membagikan cara bikin sambal merah ala rumah makan padang ini lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya. Ia juga menyebutkan kalau olahan sambal merah ini otentik banget lantaran ia mendapatkan resepnya langsung dari salah seorang anggota keluarga yang berasal dari Padang.

"Saya dapat resepnya dari mama mertua saya, lho. Mama mertua saya itu asli dari lahir dari Padang, dan beliau dari muda udah buka warung Padang, jadi dijamin ini resepnya bener-bener original," jelas Asri, dikutip BrilioFood dari YouTube Asri Saputra pada Selasa (14/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya