Cukup tambah 1 bahan, begini trik merebus ceker agar bebas amis dan cepat empuk tanpa presto

Cukup tambah 1 bahan, begini trik merebus ceker agar bebas amis dan cepat empuk tanpa presto
YouTube/Risa Hamidah

Brilio.net - Salah satu bagian ayam yang cukup populer adalah ceker. Dulunya, makanan satu ini kerap dimasak jadi sop. Namun kini, ada banyak sekali kreasi ceker seperti ceker mercon, soto ceker, seblak ceker, ceker goreng, dan masih banyak lagi.

Kenikmatan ceker ini bisa dirasakan dari teksturnya yang empuk dan lumer. Saat disantap, tekstur ceker yang lembut akan berpadu dengan gurih dan sedapnya bumbu rempah yang dipakai. Perpaduan ini bisa menghasilkan sensasi makan yang nikmat dan bikin nagih.

Sayangnya, kenikmatan ini bisa berkurang jika tekstur ceker masih alot dan sulit dikunyah. Selain itu, bau amis ceker terkadang juga sangat mengganggu. Hal ini memang sering terjadi jika ceker tidak diolah dengan baik.

Oleh sebab itu, ceker memang harus direbus dalam waktu yang lama. Tak hanya itu, ceker juga harus direbus dengan bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, daun jeruk, atau daun salam. Tapi tetap saja, jika ceker direbus dengan panci biasa, butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk mengempukkan teksturnya.

Sayangnya, merebus ceker dengan metode ini tentu bisa bikin boros gas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada sebagian orang yang memilih menggunakan panci presto. Panci yang didesain dengan tekanan tinggi ini memang bisa mengempukkan ceker dalam waktu kurang dari 1 jam.

Namun jika tidak memiliki presto di rumah, kamu tetap bisa menggunakan cara lain, lho. Seorang pengguna YouTube Risa Hamidah pernah membagikan trik merebus ceker supaya empuk dan bebas bau amis. Dalam video tersebut, dia tidak menggunakan presto ataupun tambahan rempah-rempah.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya