Hanya pakai 1 jenis tepung, ini trik membuat adonan pisang goreng renyah walau tanpa baking soda

Hanya pakai 1 jenis tepung, ini trik membuat adonan pisang goreng renyah walau tanpa baking soda
foto: YouTube/Mbok Midut

Brilio.net - Pisang goreng punya cita rasa manis gurih yang selalu bisa bikin nagih. Nggak cuma itu, teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam juga membuat pisang goreng jadi camilan primadona banyak orang.

Seperti namanya, gorengan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung. Nah, adonan tepung inilah yang menambah tekstur dan rasa pisang jadi semakin nikmat saat disantap. Biasanya, adonan ini dibuat dengan bahan dasar tepung terigu yang dilarutkan dengan air.

Namun kini banyak orang mengkreasikan adonan tepung pisang goreng ini. Sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan seperti tepung beras, air kapur sirih, baking soda, hingga air es untuk meningkatkan kerenyahannya. Beberapa orang mengaku berhasil merenyahkan pisang goreng dengan bahan tambahan tersebut. Namun tidak sedikit juga yang justru tetap gagal dan hasil pisang goreng pun jadi lembek.

Jika kamu mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba trik membuat adonan pisang goreng yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mbok Midut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan resep pisang goreng super renyah meski tanpa baking soda. Di sisi lain, tepung yang dipakai hanyalah tepung terigu, lho.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Mbok Midut pada Rabu (19/7), ternyata ada trik lain untuk meningkatkan kerenyahan adonan pisang goreng.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya