Jangan cuma pakai jeruk nipis, ini trik marinasi lele agar bebas bau amis dan lebih gurih

Jangan cuma pakai jeruk nipis, ini trik marinasi lele agar bebas bau amis dan lebih gurih
foto: YouTube/Dapur Bunda Haikal

Brilio.net - Lele sudah sejak lama jadi jenis ikan favorit orang-orang. Selain harganya ekonomis, lele juga enak dan bergizi. Usut punya usut, lele termasuk jenis ikan air tawar yang paling tinggi kandungan proteinnya, lho. Tak hanya itu saja, lele juga memiliki nutrisi lainnya yang nggak kalah penting untuk tubuh.

Dilansir dari healthline.com, ikan lele mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, aneka jenis mineral, dan masih banyak lagi. Beberapa nutrisi ini dipercaya baik untuk menyehatkan jantung, menjaga imun tubuh kuat, sampai mengatasi inflamasi. Nggak heran kalau banyak yang doyan makan ikan lele, ya?

Lele pun bisa dimasak jadi berbagai hidangan lezat, contohnya lele goreng, mangut lele, lele bakar, lele rica-rica, dan lain-lain. Namun, sebelum dimasak jadi berbagai hidangan, penting untuk memarinasi ikan lele terlebih dahulu, bukan hanya agar bebas bau amis, tapi juga supaya rasa daging ikan lele lebih gurih dan enak.

Kebanyakan orang biasanya hanya memarinasi ikan lele pakai jeruk nipis. Padahal, masih banyak bahan lain yang juga bisa dimanfaatkan, lho. Cara memarinasi ikan lele sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Dapur Bunda Haikal. Menurutnya, cara ini praktis banget, tapi ampuh bikin lele bebas bau amis dan jauh lebih gurih. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya