Tak cuma pakai garam, ini cara cuci kangkung agar bebas ulat dan warnanya tetap hijau saat dimasak

Tak cuma pakai garam, ini cara cuci kangkung agar bebas ulat dan warnanya tetap hijau saat dimasak
YouTube/IDE USAHA

Brilio.net - Kangkung termasuk salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Selain mudah didapat, sayur kangkung juga bisa dibeli dengan harga terjangkau. Nggak heran jika kemudian jenis sayuran ini kerap dipilih sebagai menu makan harian.

Pada dasarnya, kangkung bisa dimasak jadi berbagai macam olahan. Namun salah satu menu yang jadi favorit banyak orang adalah tumis kangkung. Hanya dengan bumbu dasar sederhana, tumis kangkung menjadi sajian yang melezatkan.

Namun seperti halnya sayuran lain, kangkung yang hendak dimasak tentu harus dicuci terlebih dahulu, ya. Bedanya, mencuci kangkung harus dilakukan dengan proses yang lebih teliti. Karena jika tidak, hama seperti ulat yang terdapat di bagian dalam batang kangkung bisa ikut termasak atau bahkan dikonsumsi secara nggak sengaja.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagian orang biasanya akan mencuci kangkung dengan garam. Penggunaan garam dipercaya dapat membantu meluruhkan hama seperti ulat yang terdapat di bagian dalam kangkung. Saat direndam dengan air garam, kotoran yang menempel juga bisa luruh.

Namun tahu nggak sih, proses pencucian kangkung ini juga berpengaruh ke hasil akhir masakannya, lho. Pasalnya, ada sebuah trik khusus yang bisa diterapkan jika ingin hasil masakan kangkung jadi tetap hijau cantik dan menggugah selera.

Dilansir BrilioFood dari YouTube IDE USAHA pada Minggu (5/11), warganet ini hendak membuat tumis kangkung sederhana. Namun supaya hasilnya cantik seperti tumis kangkung ala resto, dia pun mengolahnya dengan cara khusus.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya