Trik cepat masak tumis kangkung cuma 25 detik, warnanya tetap hijau segar dan matang sempurna

Trik cepat masak tumis kangkung cuma 25 detik, warnanya tetap hijau segar dan matang sempurna
TikTok/@japaneschef

Brilio.net - Tumis kangkung sudah menjadi menu andalan banyak orang. Menu satu ini bahkan selalu bisa ditemui di berbagai rumah makan. Pasalnya, rasa gurih dari bumbu dan sayur kangkung yang empuk setelah dimasak ini selalu bisa nendang di lidah. Apalagi jika disantap dengan nasi hangat dan lauk khas rumahan, sajian tumis kangkung ini auto nambah nafsu makan.

Dilihat dari proses pembuatannya, tumis kangkung sebenarnya dibuat dari bahan dan cara sederhana. Kamu cukup menggunakan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang sudah diiris. Lalu bumbu iris tadi tinggal ditumis bersama kangkung yang sudah diiris atau dipetik daunnya. Selain bumbu dasar tadi, kamu juga bisa menambahkan penyedap seperti saus tiram atau minyak wijen, lho.

Sekilas, pembuatan tumis kangkung memang cukup mudah. Tapi siapa sangka, banyak orang justru gagal saat mengeksekusinya. Terkadang, hasil tumis kangkung justru jadi hitam karena terlalu lembek saat dimasak. Padahal sajian tumis kangkung yang lezat tentu jika sayurnya masih berwarna hijau cerah dan segar.

Perubahan warna pada tumis kangkung ini memang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah proses memasak yang terlalu lama (overcooked). Hal ini bisa membuat kangkung jadi lembek, terlebih jika dimasak dengan tambahan air yang cukup banyak. Di sisi lain, jika ditumis dalam waktu singkat, kangkung justru tidak bisa matang sempurna.

Jika kamu sering mengalami dilema seperti ini, sebuah trik sederhana dari pengguna TikTok @japaneschef ini barangkali bisa membantu. Melalui salah satu video yang diunggah, konten kreator yang kerap disapa Chef Hideki ini membagikan trik memasak tumis kangkung yang warnanya hijau segar. Siapa sangka, durasi memasak yang dibutuhkan hanya 25 detik saja, lho. Walaupun begitu, sayur kangkung bisa matang sempurna.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya