Tak perlu dilepas, ini cara melunakkan karet pintu kulkas yang kaku dan nggak lengket

Tak perlu dilepas, ini cara melunakkan karet pintu kulkas yang kaku dan nggak lengket
foto: YouTube/Yoga Arief

Brilio.net - Kulkas jadi salah satu barang elektronik yang wajib ada di rumah. Biasanya kulkas dijadikan tempat penyimpanan makanan dan minuman. Bukan tanpa alasan, makanan dan minuman yang disimpan di kulkas akan bertahan lebih lama karena suhu dinginnya terjaga.

Kulkas memang berfungsi mendinginkan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya. Selain itu, bagian dalam kulkas yang cenderung kedap membuat suhu dingin tersebut bisa stabil. Nggak heran kalau kulkas selalu diandalkan untuk mengawetkan berbagai macam bahan makanan dan minuman.

Namun perlu diketahui bahwa seiring pemakaian, kinerja kulkas bisa menurun. Misalnya pada bagian pintu kulkas. Seiring penggunaan, pintu kulkas ini bisa longgar dan bikin udara dingin di dalam kulkas jadi bocor.

Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh bagian karet di pintu kulkas yang sudah aus. Semakin lama usia penggunaan, karet kulkas yang semula lentur bisa jadi kaku atau keras. Jika sudah begitu, magnet di bagian dalam karet juga tidak bisa bekerja dengan baik untuk menempelkan pintu kulkas dengan bodinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan menerapkan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengganti karet atau melunakkannya dengan cara merendam karet menggunakan air panas. Nah, air panas ini dianggap mampu mengembalikan kelenturan karet pintu kulkas.

Walau efektif, namun beberapa orang menganggap bahwa cara tersebut justru merepotkan. Bukan tanpa alasan, kamu harus melepas dan memasang kembali karet di pintu kulkas. Jika pemasangan kurang pas, bukan tidak mungkin karet justru semakin longgar dan tidak bisa rapat.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba cara yang dilakukan oleh pengguna YouTube bernama Yoga Arief. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak melepas karet dari pintu kulkas. Dalam kondisi terpasang pun, karet yang kaku bisa dilunakkan kembali. Penasaran caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya