Tak perlu direndam air garam, begini cara jitu mengukus terong agar warnanya tetap ungu cerah

Tak perlu direndam air garam, begini cara jitu mengukus terong agar warnanya tetap ungu cerah
foto: YouTube/Erre chanel

Brilio.net - Terong termasuk bahan makanan yang bisa diolah dengan berbagai macam metode. Salah satu metode yang sering dipakai adalah kukus. Mengukus kerap jadi pilihan untuk membuat olahan terong yang sehat dan minim minyak.

Terong yang dikukus ini bahkan bisa langsung disantap sebagai lalapan. Selain itu, banyak juga yang memilih mengolahnya lagi dengan berbagai macam bumbu. Misalnya disiram bumbu sambal atau ditumis lagi dengan bumbu balado.

Namun perlu diketahui bahwa proses mengukus terong ini susah-susah gampang. Jika dilakukan asal, warna kulit terong yang semula ungu cerah bisa berubah jadi cokelat. Sedangkan bagian dalamnya juga bisa jadi kehitaman. Tampilan terong seperti ini tentu bisa memengaruhi selera makan.

Demi mencegah hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan trik khusus. Misalnya dengan merendam terong di dalam air garam terlebih dahulu. Usut punya usut, air garam ini bisa mencegah perubahan warna pada terong ketika dikukus.

Tapi selain menggunakan garam, sebenarnya ada trik lain yang bisa digunakan untuk mencegah perubahan warna saat mengukus terong. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Erre chanel. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan lain. Penasaran bahan apa itu? Gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya