Tanpa dikucuri jeruk, ini cara mudah menyimpan alpukat matang agar awet dan tak busuk sampai 6 bulan

Tanpa dikucuri jeruk, ini cara mudah menyimpan alpukat matang agar awet dan tak busuk sampai 6 bulan
YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Alpukat termasuk salah satu buah yang paling menyehatkan karena mengandung banyak sekali nutrisi. Dilansir dari medicalnewstoday.com, alpukat memiliki vitamin C, E, K, B6, riboflavin, hingga asam folat. Sejumlah nutrisi tersebut sangat berperan penting sebagai antiperadangan yang membuat tubuh tak mudah sakit.

Tinggi nutrisi pada alpukat membuat buah hijau satu ini kerap dikonsumsi sebagai camilan, dessert, atau bahkan olahan menu diet. Lantas biar mudah digunakan, banyak orang kemudian menjadikannya sebagai stok buah di rumah. Sayangnya, alpukat termasuk buah yang mudah sekali busuk. Teksturnya akan berubah lembek dan hitam jika tidak disimpan dengan baik.

Dalam beberapa kasus, alpukat yang disimpan di kulkas juga bisa busuk dalam waktu cepat. Hal ini diperparah jika kondisinya sudah sangat matang. Tentu proses pembusukannya jadi lebih cepat dan bikin alpukat nggak bisa disimpan dalam waktu lama.

Demi menghindari hal tersebut, sebagian orang lantas menggunakan trik khusus. Misalnya dengan mengucuri daging buah alpukat menggunakan air perasan jeruk nipis. Nah, air jeruk nipis ini dipercaya bisa membuat daging alpukat tidak mudah hitam dan membusuk.

Tapi selain dengan trik tersebut, ada teknik lain yang lebih praktis dilakukan, lho. Teknik menyimpan buah alpukat ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Galeri Linda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan air jeruk nipsi saat hendak menyimpan alpukat. Meskipun begitu, buah alpukat tetap awet dan tak busuk hingga 6 bulan lamanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya