Tanpa direndam semalaman, ini trik cepat hilangkan kerak nasi di panci rice cooker dalam waktu 1 menit

Tanpa direndam semalaman, ini trik cepat hilangkan kerak nasi di panci rice cooker dalam waktu 1 menit
foto: Instagram/@rumah_shahia

Brilio.net - Ada berbagai cara untuk menanak nasi, salah satunya dengan mengandalkan rice cooker. Bukan tanpa alasan, menanak nasi pakai rice cooker memang terbilang praktis. Cukup pencet tombol "cook", alat tersebut akan menanak nasi secara otomatis tanpa harus diaduk.

Hasil nasi pun akan pulen dan matang sempurna. Sayangnya, menanak nasi di rice cooker tetap punya kendala tersendiri. Seperti sisa-sisa nasi sering menempel di bagian dalam panci rice cooker.

Membersihkan sisa-sisa nasi di panci rice cooker justru jadi PR tersendiri. Pasalnya, sisa-sisa nasi ini mengerak sehingga teksturnya kering dan keras. Mau nggak mau kamu harus menyikatnya sekuat tenaga.

Namun, kalau disikat secara kuat, lapisan di panci rice cooker berisiko terkelupas. Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja merendam panci rice cooker dengan air semalaman. Hasilnya, kerak sisa nasi akan terkelupas dengan sendirinya. Sayangnya, cara ini terbilang nggak efektif kalau kamu terburu-buru mau masak nasi lagi.

Nah, seorang warganet dengan nama akun Instagram @rumah_shahia sempat menunjukkan cara lain yang bisa kamu praktikkan saat membersihkan panci rice cooker. Di awal video, ia menunjukkan penampakan panci rice cookernya yang tampak dipenuhi kerak nasi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya