Tanpa kapur sirih atau terigu, ini trik bikin adonan pelapis ikan goreng yang renyah tahan lama

Tanpa kapur sirih atau terigu, ini trik bikin adonan pelapis ikan goreng yang renyah tahan lama
TikTok/@rezekidapurkita88

Brilio.net - Membuat ikan goreng itu mudah. Tinggal digoreng, rasa gurih khasnya sudah bikin nagih. Tak hanya itu, tekstur garing dan renyah ikan goreng juga membuatnya cocok disantap sebagai lauk harian.

Untuk membuat menu satu ini, pada dasarnya kamu hanya perlu memarinasi ikan dengan berbagai bumbu. Setelah itu, ikan bisa langsung digoreng begitu saja. Namun ada yang memilih menggunakan bahan tambahan lain untuk meningkatkan tekstur renyah pada ikan goreng ini.

Sebagian besar orang cenderung mengandalkan adonan pelapis ikan yang terbuat dari tepung. Dalam hal ini, tepung terigu dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan adonan tersebut. Bahan satu ini akan menambah tekstur pada lapisan luar ikan goreng.

Tapi selain menggunakan tepung, ada juga yang memakai bahan rahasia, yakni kapur sirih. Penggunaan kapur sirih dipercaya bisa membuat tekstur adonan pelapis jadi semakin renyah saat digoreng. Oleh sebab itu, kapur sirih juga termasuk bahan penting yang harus ditambahkan saat membuat adonan pelapis ikan goreng.

Padahal selain mengandalkan kapur sirih, ada bahan lain yang bisa digunakan, lho. Bahan ini cenderung lebih mudah didapat dibandingkan kapur sirih, tutur akun TikTok @rezekidapurkita88 yang dikutip BrilioFood pada Senin (16/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya