Tanpa presto, begini trik masak ikan bandeng agar tulangnya lunak walau tak disayat

Tanpa presto, begini trik masak ikan bandeng agar tulangnya lunak walau tak disayat
YouTube/Jadi Hebat Entertainment

Brilio.net - Bandeng termasuk salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat. Jenis ikan satu ini bahkan kerap dibudidaya untuk kebutuhan konsumsi. Nggak heran jika kemudian ikan bandeng bisa dengan mudah didapat di pasar atau supermarket.

Selain mudah didapat, ikan bandeng juga kerap dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dilansir dari agraryo.com, ikan bandeng merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik. Mineral ini penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Sayangnya, di balik banyaknya manfaat tersebut, mengonsumsi ikan bandeng terkadang jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, bandeng termasuk jenis ikan yang memiliki banyak duri halus. Duri ini seringkali mengganggu penikmatnya saat menyantap bandeng karena sulit dipisahkan dari dagingnya, sehingga berpotensi mudah tertelan.

Dengan slow cooker kamu bisa memasak lebih praktis dan tetap dapat mempertahankan gizi makanan. Nggak hanya untuk melunakkan tulang ikan, namun alat ini juga bisa membuat daging jadi empuk. Berikut ini rekomendasi slow cooker ini dengan harga yang ramah di kantong.

Untuk mencegah hal tersebut, ikan bandeng biasanya perlu dimasak dengan metode khusus. Misalnya dengan presto atau slow cooker. Penggunaan alat masak ini dipercaya bisa menghilangkan duri halus pada bandeng tanpa membuat dagingnya hancur.

Sedangkan jika tidak menggunakan alat tersebut, ada juga teknik lain yang bisa dilakukan. Sebagian orang biasanya akan menyayat daging ikan saat proses pembersihkan. Hal ini dianggap bisa melunakkan durinya ketika ikan bandeng dimasak dalam suhu yang tinggi.

Namun selain itu, sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah ampuh dalam melunakkan duri atau ikan bandeng. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Jadi Hebat Entertainment melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku menggunakan alat sederhana dan mudah ditemukan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya