Trik menggoreng ayam kentucky ala restoran, matang tanpa ada sisa darah di bagian dalam

Trik menggoreng ayam kentucky ala restoran, matang tanpa ada sisa darah di bagian dalam
foto: YouTube/Ayah Salmah 09

Brilio.net - Ayam kentucky sudah sejak lama tersebar di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Dilansir dari economist.com, ayam kentucky atau dikenal pula dengan nama fried chicken sudah ditemukan sejak abad ke-18 di daerah Skotlandia maupun Afrika Barat. Hidangan ayam ini kemudian baru dibawa ke Amerika dan memulai penyebarannya di berbagai belahan dunia.

Ayam kentucky sendiri bisa ditemui tak hanya di restoran fast food kenamaan, tetapi juga warung makan maupun pedagang kaki lima. Tetapi, buat kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah juga bisa, lho. Cara membuat ayam kentucky ini dikenal praktis asalkan tahu trik untuk membuatnya agar tepungnya tebal, namun tetap krispi.

Lantaran dibalut dengan tepung, seringkali didapati bagian daging ayam yang belum matang sempurna di bagian dalam. Biasanya, ayam yang belum benar-benar matang masih terdapat darah di bagian dalam dekat tulang. Hal ini bisa disebabkan karena minyak kurang panas, waktu menggoreng kurang lama, api kompor terlalu besar, keliru saat memasukkan bagian ayam ke minyak, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari thekitchen.com, ayam yang belum dimasak hingga matang masih menyisakan warna merah atau pink di bagian dalam daging dan tulangnya. Untuk menghindarinya, bisa atur suhu saat menggoreng ayam, yaitu sekitar 165 fahrenheit atau 73 derajat celcius atau lebih tergantung ayam ingin diolah jadi apa. Nah, salah seorang warganet yang akrab disapa Ayah Salmah punya trik buat menggoreng ayam kentucky yang dibagikan di YouTube, nih.

"Untuk yang mengoreng fried chicken kadang tidak matang merata atau bahkan masih berdarah setelah digoreng, bisa ikuti cara yang saya berikan," ujarnya dilansir BrilioFood dari YouTube/Ayah Salmah 09, Rabu (14/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya