Trik menggoreng sosis solo agar hasilnya kesat dan tidak menyerap banyak minyak

Trik menggoreng sosis solo agar hasilnya kesat dan tidak menyerap banyak minyak
YouTube/Sasa Suratman

Brilio.net - Sama seperti namanya, sosis solo merupakan makanan khas Solo, Jawa Tengah. Tapi meskipun disebut sosis, camilan satu ini tidak terbuat dari sosis, lho. Jadi, sosis solo dibuat dengan isian ayam atau daging cincang yang dibalut kulit lumpia.

Selain gurih, rasa sosis solo juga manis, lho. Hal inilah yang membuat sosis solo digemari banyak orang. Hidangan ini cocok banget dimakan bareng cabai rawit hijau sebagai teman ngemil.

Walau bisa dibeli dengan harga terjangkau, namun banyak orang masih enggan membeli sosis solo yang dijual di pasaran, lho. Bukan tanpa alasan, sosis solo yang dijual di pasaran cenderung sangat berminyak.

Hal tersebut bisa disebabkan karena sosis solo umumnya digoreng di minyak bekas yang sudah dipakai berulang kali. Padahal, gorengan seperti itu tentu kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering karena minyak tersebut mengandung lemak jenuh yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebagai langkah antisipasi, kamu bisa membuat sosis solo sendiri di rumah Jika membuat sendiri, kamu bisa menggunakan berbagai macam isian sesuai selera. Mulai dari suwiran daging ayam, daging sapi, telur, dan lainnya. Sedangkan bagian kulitnya bisa kamu beli di supermarket agar lebih praktis dan cepat.

Membuat isian dan melipat sosis solo ini memang cukup mudah. Namun, tahapmenggoreng sosis solo ini tidak semudah yang dibayangkan, nih. Karena tak jarang, hasil goreng justru licin karena menyerap banyak minyak. Saat disantap, gorengan yang terlalu berminyak tentu kurang lezat.

Pada dasarnya perlu trik tertentu saat hendak menggorang sosis solo. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube bernama Sasa Suratman pernah membagikan trik menggoreng sosis solo agar tidak berminyak. Dalam video tersebut, hasil gorengannya memang kesat, namun tetap renyah dan garing.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya