Tanpa minyak goreng, ini trik agar nasi tak berkerak dan basi meski disimpan 2 hari di rice cooker

Tanpa minyak goreng, ini trik agar nasi tak berkerak dan basi meski disimpan 2 hari di rice cooker
TikTok/@mamaifa05 ; TikTok/@ninazeidin

Brilio.net - Penggunaan rice cooker saat menanak nasi disukai banyak orang karena praktis. Rice cooker memang merupakan alat yang dirancang khusus untuk menanak nasi, dengan kelebihan praktis dan konsisten. Kalau memakai rice cooker, kamu tidak perlu khawatir jika nasi hangus atau terlalu basah. Bukan tanpa alasan, karena rice cooker memiliki pengatur suhu dan waktu yang tepat untuk mendapatkan nasi yang sempurna.

Selain kemudahannya, penggunaan rice cooker juga dinilai lebih efisien. Rice cooker dapat menanak nasi menggunakan daya yang relatif rendah, sehingga bisa menghemat energi dibandingkan dengan menggunakan kompor gas atau listrik. Tak hanya itu, rice cooker juga memiliki fitur pemanas otomatis yang akan mati secara otomatis setelah nasi matang, sehingga tidak perlu khawatir tentang nasi hangus jika terlalu lama dibiarkan.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun ada efek lain dari penggunaan rice cooker dalam menanak nasi. Nasi yang dimasak di rice cooker cenderung tidak bisa awet. Meskipun disimpan dalam mode warm (menghangatkan) dalam rice cooker, namun nasi bisa basi dan berkerak dalam hitungan jam. Hal ini ditandai dengan warna nasi yang mulai kuning, bau, dan teksturnya yang kering.

Memang pada dasarnya butuh trik khusus untuk mencegah nasi cepat basi. Sejumlah orang biasanya akan memberikan bahan tambahan saat menanak nasi. Misalnya dengan memasukkan 1 sdm minyak goreng ke dalam beras yang hendak dimasak. Usut punya usut, minyak goreng bisa membuat nasi lebih pulen dan awet.

Namun selain dengan menambahkan minyak goreng, kamu bisa menggunakan bahan lain agar nasi tak cepat basi dan berkerak saat disimpan di rice cooker. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @mamaifa05. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menambahkan minyak goreng, namun ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam membuat nasi lebih awet.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya