Brilio.net - Kue jipang atau bipang merupakan jajanan tradisional yang masih eksis sampai sekarang. Jenis makanan ringan satu ini terbuat dari bahan dasar berondong jagung, beras ketan, atau kacang. Bahan tersebut kemudian dimasak bersama gula karamel sehingga menghasilkan rasa yang legit dan manis.

Jajanan yang juga memiliki nama lain berondong beras ini memang bisa dengan mudah di berbagai daerah. Hingga kini banyak pedagang yang masih menjual jipang di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Umumnya, jipang yang dijual di pasaran terbuat dari beras benno, yakni beras yang sudah dipanaskan hingga mengembang berkali-kali lipat.

Proses pemanasan tersebut membuat jipang memilih tekstur yang renyah. Untuk mengolah beras agar mengembang, biasa butuh alat pemanas khusus. Sedangkan alat pemanas tersebut rupanya tidak dijual bebas di pasaran. Umumnya memang hanya produsen jipang skala besar yang memilikinya.

Tapi tak perlu khawatir, jipang sebenarnya bisa dibuat dengan alat-alat dan bahan sederhana, lho. Bahkan kamu tidak perlu menggunakan beras khusus atau jagung sebagai bahan dasarnya. Cukup memanfaatkan nasi sisa yang ada di rumah untuk membuat jipang ini.

Cara membuat jipang menggunakan nasi sisa ini dibagikan pengguna YouTube bernama Shiren. Melalui salah satu unggahannya, Shiren membeberkan proses pembuatan jipang dari bahan-bahan yang cenderung mudah didapat seperti nasi sisa. Dengan mengolahnya jadi beragam masakan, nasi sisa jadi tidak ada yang terbuang sia-sia.

Nah, untuk mengetahui proses pembuatan jipang lebih lanjut, yuk langsung simak ulasan BrilioFood berikut dari YouTube/Dapur Mama Shiren pada Selasa (13/12).