Dilansir BrilioFood dari TikTok @kuliner_keliling_aceh pada Rabu (17/10), cuci terlebih dahulu dan potong-potong ayam kampung jadi beberapa bagian. Selanjutnya, masukkan air ke dalam panci lalu rebus.

"Banyaknya air bisa disesuaikan dengan ukuran atau porsi ayam yang akan dimasak, ya," ujarnya.

foto: TikTok/@kuliner_keliling_aceh

Setelah air mendidih, masukkan satu bumbu dapur, yakni dua ruas jahe ke dalam air rebusan. Selain mempercepat proses pengempukkan ayam kampung, jahe juga bisa menghilangkan bau amis di daging ayam kampung.

foto: TikTok/@kuliner_keliling_aceh

Selain itu, ia juga menambahkan satu bumbu dapur lainnya, yakni 1 1/2 sdt garam ke air rebusan. Kunci dari teknik ini adalah pakai tambahan jahe dan garam.

"Supaya rasa ayam rebus lebih gurih," ungkapnya lebih lanjut.

Setelah air mendidih, masukkan potongan ayam kampung. Pastikan semua bagian potongan ayam kampung terendam air rebusan secara sempurna, ya.

"Setelah mendidih, tutup panci dan rebus ayam selama 5 menit," ucapnya.

foto: TikTok/@kuliner_keliling_aceh

Matikan api kompor jika ayam kampung sudah direbus selama 5 menit. Dalam kondisi panci tertutup, diamkan ayam kampung terendam air rebusan selama 30 menit.

"Suhu panas dari sisa perebusan tadi akan melanjutkan proses pematangan. Sehingga daging ayam jadi lebih empuk," ungkapnya lebih lanjut.

INFOGRAFIS MEREBUS AYAM KAMPUNG AGAR CEPAT EMPUK DAN NGGAK AMIS TANPA DAUN PEPAYA
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

Setelah didiamkan selama 30 menit, nyalakan api kompor dan masak ayam kampung selama 10 menit (dalam keadaan panci tertutup). Jika sudah matikan api kompor lalu ayam kampung siap untuk dikonsumsi ataupun diolah jadi masakan lainnya.

"Hasilnya ayam kampung yang sudah direbus ini benar-benar empuk. Bahkan sampai mengelupas sebagian dagingnya seperti dipresto," ucapnya.

foto: TikTok/@kuliner_keliling_aceh

Video milik TikTok @kuliner_keliling_aceh ini pun jadi sorotan banyak orang. Terbukti video ini sudah ditonton sebanyak 18.700 kali dan disukai oleh 187 penonton TikTok lainnya.