"Ini keluar uap dari pegangan panci, seharusnya menutup dan bagian peluit ini berputar," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Dadang zed tutorial, Minggu (11/12).

foto: YouTube/Dadang zed tutorial

Menurut Dadang, panci presto yang tak berfungsi sebaiknya dibuka terlebih dahulu bagian-bagian dalamnya untuk melihat penyebabnya. Jika peluitnya yang tak berputar, bisa dibuka terlebih dahulu menggunakan obeng untuk membersihkan bagian peluit dengan sabun cuci piring biasa. Pastikan semua bagian lubang bersih dan tak ada yang tersumbat lagi, kemudian bilas.

foto: YouTube/Dadang zed tutorial

Usai peluit sudah bersih, sisihkan terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan membersihkan bagian tutup panci dengan lepaskan bagian gagang dari tutup pancinya. Lalu, gunakan sikat gigi bekas untuk memudahkan pembersihan tutup panci presto tersebut. Bersihkan menggunakan sabun cuci piring beberapa saat sampai ke bagian-bagian dalam. Kalau sudah terlihat bersih, tutup panci bisa dibilas.

foto: YouTube/Dadang zed tutorial

Selain itu, Dadang juga menjelaskan bisa jadi karet bawaan dari panci presto sudah usang, sehingga uap bisa keluar dari bagian tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, bagian karet tersebut pun dilepas dan ganti dengan jenis karet lain. Dadang pakai karet bekas penutup gas LPG untuk menutup lubang udara di panci prestonya ini.

foto: YouTube/Dadang zed tutorial

Jika sudah membersihkan dan mengganti bagian karet, panci presto pun siap dipakai kembali. Dadang pun menambahkan, usai dibersihkan dan diganti bagian karetnya, panci presto miliknya jadi dapat berfungsi dengan baik lagi seperti semula. Peluit panci pun kembali berputar dan mengeluarkan uap panas.

"Berarti sekitar 5 menit ini peluit udaranya sudah mulai berputar perlahan dan bunyi ya, sekarang sudah tidak kelihatan keluar uap dari pegangan, menutup sempurna karet seal gas 3 kg ini berfungsi," jelasnya.

Unggahan seputar cara memperbaiki peluit panci presto ini menarik perhatian banyak warganet. Tak sedikit warganet yang mengaku di kolom komentar kalau mereka merasa terbantu dengan adanya konten milik Dadang ini. Unggahan di YouTube/Dadang zed tutorial ini juga sudah dilihat puluhan ribu kali usai diunggah pada Mei 2022 lalu.

"Tutorial yang sangat berguna dan bermanfaat untuk semua orang terutama emak2 hehheheehe," kata YouTube/HappyNuur.

"Wah kebetulan pristo dirumah juga keluar uapnya dari gagang pancinya cus coba baikin deh sesuai tutorial semoga bisa berhasil juga hehe mantab pas takbir bikin kontennya selamat idul fitri," jelas YouTube/endang sri utami.

"Oh ya ternayata seperti caranya cara memperbaiki panci presto yang tidak berbunyi dan berputar. Sekarang ini saya baru paham caranya. Terimakasih banyak Bang untuk sharing tutorialnya sangat bermanfaat sekali. Buat kakaknya pokoknya sukses selalu," pungkas YouTube/Nayla Ruswandi.

"Terima kasih ya ka atas tutorial cara memperbaiki panci presto yang tidak berputar.. Jadi bisa di gunain lagi deh panci presto di rumah.. Walau harus di perbaikinya harus pelan pelan," imbuh YouTube/Cantaloupe fruits.

"Ternyata panci presto bisa diperbaiki yaa ga perlu beli yang baru nihh kalo rusak atasan panci nya bisa dicoba cara kaya gini, ternyata work ya keren. Thank you ya buat ilmu ny a," ungkap YouTube/Zahara Insani.