Pertama, cuci dulu bagian luar ampela di bawah air mengalir. Selanjutnya, belah bagian pinggirnya menggunakan pisau, tapi jangan terlalu dalam agar kantung kotoran di dalam ampela tidak pecah. Pasalnya, kalau pecah, kotorannya akan keluar dan mengenai ampela, sehingga menyebabkan rasa ampela jadi pahit.

foto: TikTok/@sabsiney

Setelah ampela dibelah, keluarkan kantung kotoran yang ada di dalamnya secara perlahan. Lalu, cuci bersih bagian dalam ampela dengan air mengalir. Terakhir, belah bagian ujung bawahnya menggunakan pisau dan bilas kembali sampai seluruh kotorannya benar-benar hilang.

foto: TikTok/@sabsiney

Jika seluruh ampela sudah dibersihkan, bahan makanan satu ini lantas bisa direbus menggunakan rempah aromatik seperti daun salam, serai, dan lain-lain agar tak ada sisa bau amis lagi. Kemudian, ampela siap dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera.

Nah, gimana, gampang banget kan trik membersihkan ampela ayam? Mulai sekarang, jangan sekadar mencuci bagian luarnya dengan air saja ya. Mengintip kolom komehtar di unggahan TikTok @sabsiney yang sudah ditonton 2 juta kali, tak sedikit warganet yang berbagi pengalaman seputar membersihkan ampela, lho.

 

"Pernah masak semua, kirain udh dibersihin di pasar. Aku gapaham, pas dimakan ko gaenak," ungkap TikTok @A S A N D R A .

"umur 21,dan itu posisi udh nikah+tinggal sama mertua,tadi nya mau di masak Sama tai² nya karena gatau ngebersihin nya," tulis TikTok @ Leo.

"pas beli dipasar kadang dah bersih wkwk jadi tinggal cuci aja deh ," kata TikTok @elz .