Pertama, cuci bersih dulu daun pepaya yang akan dimasak. Lalu, rebus sebentar sampai mendidih menggunakan sedikit air. Setelah itu, buang air rebusannya dan rebus kembali pakai air yang baru. Nah, di proses perebusan kedua ini, kamu harus menambahkan dua bahan dapur yang membantu hilangkan rasa pahit, yaitu sedikit garam dan soda kue.

foto: TikTok/@dapurnirina

Setelah mendidih, buang lagi air rebusannya dan ganti dengan air yang baru. Kemudian, rebus daun pepaya sampai mendidih kembali. Lakukan proses perebusan yang sama satu atau dua kali lagi dengan teknik mengganti air setiap proses perebusan. Teknik ini juga dipercaya dapat membantu menghilangkan zat-zat sumber rasa pahit pada daun pepaya, lho.

"Lakukan hingga 4-5 kali (total proses perebusan), dijamin hilang pahitnya. Selamat mencoba," tulis pemilik akun TikTok @dapurnirina di keterangan unggahannya, dikutip BrilioFood pada Kamis (30/11).

foto: TikTok/@dapurnirina

Gimana, kamu tertarik membuktikan kebenaran trik merebus daun pepaya ini? Mengintip unggahan TikTok @dapurnirina, memang belum banyak warganet meninggalkan komentar, tapi video ini mendapat banyak antusias hingga lebih dari 3.000 viewers, lho.