Bukan dioven atau digoreng lagi, wanita ini punya trik bikin kerupuk melempem jadi renyah kembali

Bukan dioven atau digoreng lagi, wanita ini punya trik bikin kerupuk melempem jadi renyah kembali
foto: Instagram/@annepermataa

Brilio.net - Dalam berbagai masakan Indonesia, kerupuk sudah menjadi pelengkap yang tidak bisa terpisahkan. Misalnya saat menyantap pecel, soto, atau bahkan nasi kuning rasanya akan semakin lezat dengan tambahan kerupuk. Bagi beberapa orang, kerupuk memang bisa meningkatkan nafsu makan.

Pada umumnya, kerupuk terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Namun ada sejumlah bahan yang ditambahkan sebagai kreasi rasanya, seperti kerupuk udang karena dibuat dengan daging udang atau kerupuk bawang karena diracik dengan campuran bawang yang cukup banyak. Bahkan ada juga kerupuk yang terbuat dari nasi sisa sebagai bahan utamanya, lho.

Sejumlah bahan tersebut membuat rasa kerupuk cenderung gurih dan sedap. Namun selain rasa, teksturnya yang renyah dan garing membuat kerupuk semakin nikmat. Oleh sebab itu, kerupuk biasanya akan disimpan di dalam toples untuk menjaga kerenyahannya.

Sayangnya, beberapa toples terkadang tidak kedap udara. Alhasil, kerupuk yang disimpan juga bisa melempem atau bahkan mengeras. Kondisi kerupuk yang seperti ini tentu jadi kurang enak saat disantap.

Dalam beberapa kasus, kerupuk melempem seringkali dibuang karena dianggap tidak layak konsumsi. Namun ada juga yang memilih merenyahkannya kembali dengan beberapa cara. Ada yang menggorengnya lagi atau bahkan memasak kerupuk dalam oven agar kembali renyah.

Selain dengan kedua cara tersebut, ada metode lain yang lebih praktis dilakukan, lho. Trik bikin kerupuk melempem jadi renyah lagi ini pernah dibagikan oleh seorang wanita bernama Anne. Melalui akun Instagram @annepermataa, wanita ini mengaku tidak memasak kerupuk lagi. Namun ada cara yang lebih praktis sekaligus ampuh merenyahkan tekstur kerupuk yang sudah melempem.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya