Bukan direbus, ini trik mematangkan telur asin agar tidak mudah busuk sampai 10 hari

Bukan direbus, ini trik mematangkan telur asin agar tidak mudah busuk sampai 10 hari
YouTube/Yuli Rias BWI

Brilio.net - Bukan dari telur ayam, telur asin biasanya dibuat dari telur bebek yang cangkangnya berpori besar. Selain itu, cangkang telur bebek juga lebih tebal, sehingga tak mudah retak atau pecah.

Kondisi telur bebek yang seperti itu akan memudahkan proses pengasinan. Pasalnya, pengasinan dilakukan dengan cara memeram telur dalam abu gosok atau batu bata yang sudah diberi garam. Lalu telur bebek akan diperam salam 14 hari lamanya.

Nah, cangkang telur yang berpori besar akan membuat garam mudah terserap ke dalam. Dengan begitu, rasa telur bisa asin. Selain itu, cangkang telur yang tebal juga membuatnya tak mudah pecah saat diperam.

Setelah diperam, telur bebek akan dicuci dan direbus agar matang. Proses perebusannya pun tidak jauh berbeda dengan merebus telur pada umumnya. Kamu tinggal memasukkan telur asin ini ke dalam air, lalu rebus selama 20-30 menit atau sampai matang.

Namun tahu nggak sih, sebenarnya proses pematangan telur rebus ini bisa memengaruhi keawetannya, lho. Jika direbus seperti biasa, telur asin hanya awet 5 hari saja di suhu ruang.

Untuk memperpanjang masa simpannya, kamu bisa meniru tutorial mematangkan telur asin yang diunggah oleh pengguna YouTube Yuli Rias BWI. Dalam video yang diunggah, dia mengaku tidak merebus telur asin, tapi mengukusnya. Menurutnya cara ini bisa bikin telur lebih kesat dan tahan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya