Bukan direndam garam, ini cara menghilangkan rasa asin berlebih pada cumi asin pakai 1 alat

Bukan direndam garam, ini cara menghilangkan rasa asin berlebih pada cumi asin pakai 1 alat
foto: YouTube/IDE USAHA RUMAHAN

Brilio.net - Di pasaran, cumi dijual dengan berbagai jenis, ada cumi basah, cumi telur, sotong, cumi sero, cumi asin, dan masih banyak lagi. Nah, cumi asin jadi andalan ibu rumah tangga sebagai bahan dasar masakan. Bukan tanpa alasan, cumi asin memang lezat jika diolah dengan berbagai bumbu.

Ada banyak olahan cumi asin yang bisa dibuat di rumah. Nggak melulu ditumis, cumi asin juga bisa dimasak dengan bumbu kecap, santan, kuning, balado, hingga dijadikan campuran sambal. Meski begitu, rasa asin berlebih pada cumi jadi salah satu yang dihindari beberapa orang.

Padahal, rasa asin pada cumi ini sulit untuk dihilangkan meski sudah dicuci berkali-kali. Bahkan tak jarang, rasa asin tetap mendominasi meski cumi sudah dimasak dengan berbagai bumbu.

Untuk mengurangi rasa asin berlebih, sejumlah orang biasanya merendam cumi asin dengan larutan garam terlebih dahulu sebelum diolah. Dilansir dari scielo.br.com, kandungan garam di cumi asin bisa mengalir ke konsentrasi rendah, yakni larutan garam.

Namun, sebenarnya ada metode lain yang nggak kalah ampuh dari cara tersebut. Seorang pengguna YouTube IDE USAHA RUMAHAN pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Bukan pakai larutan garam, dia memilih teknik lain untuk mengurangi asin berlebih pada cumi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya