Bukan ditambah minyak goreng, ini trik menanak nasi agar pulen dan tak mudah basi pakai 1 bahan dapur

Bukan ditambah minyak goreng, ini trik menanak nasi agar pulen dan tak mudah basi pakai 1 bahan dapur
TikTok/@pasarsegar.co.id

Brilio.net - Menanak nasi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan memanfaatkan rice cooker, nasi yang ditanak jadi pulen dan matang sempurna.

Namun penggunaan rice cooker juga memiliki kekurangan tersendiri, lho. Dalam beberapa kasus, nasi yang ditanak terkadang malah keras dan kering. Hal ini kerap terjadi ketika rice cooker yang digunakan sudah dalam kondisi aus, atau mesinnya menghangatkan nasi dengan suhu yang lebih tinggi (ketika nasi disimpan).

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menambahkan bahan lain saat menanak nasi. Salah satunya adalah minyak goreng atau margarin. Kedua bahan ini kerap ditambahkan agar nasi jadi pulen dan tak kering meski disimpan dalam kondisi hangat di rice cooker.

Sayangnya, penggunaan minyak goreng dan margarin justru berpotensi membuat nasi cepat basi, lho. Nah, selain pakai minyak goreng maupun margarin, kamu sebenarnya bisa memakai bahan lain, lho.

Bahan tambahan ini dipercaya lebih ampuh untuk membuat nasi pulen sekaligus tak cepat basi. Bahan pun pernah dijelaskan lebih lanjut oleh pengguna TikTok @pasarsegar.co.id.

Melalui salah satu video yang diunggah, menariknya lagi, bahan dapur ini juga akan membuat nasi lebih wangi. Tentu mengonsumsi nasi yang harum dan pulen bisa meningkatkan selera makan, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya