Jangan diremas garam atau cuka, ini cara lebih ampuh menghilangkan rasa pahit pare sebelum diolah

Jangan diremas garam atau cuka, ini cara lebih ampuh menghilangkan rasa pahit pare sebelum diolah
YouTube/Pawon Ndayu

Brilio.net - Tidak semua orang suka makan pare karena rasanya pahit. Tapi bagi sebagian orang,rasa pahit pare ini justru jadi kenikmatan tersendiri. Para penggemar pare pun memilih untukmengolahpare menjadi berbagai menuyang menggugah selera. Nggak cuma ditumis saja, pare pun dapat dijadikan keripik, digoreng krispi, hingga diisi adonan siomay.

Sama seperti sayuran lainnya, pare juga mengandung berbagai gizi dan nutrisi baik bagi tubuh. Dilansir dari web.md.com, pare mengandung vitamin C, A, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya. Sejumlah nutrisi tersebut, dianggap bisa mengontrol gula darah, menyehatkan saraf, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Meski bisa diolah jadi berbagai hidangan, masih ada orang yangenggan mengonsumsi pare karena pahit, lho. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa pahit pare. Pertama, kamu bisa meremas irisan pare dengan garam sampai keluar airnya. Kalau sudah, sisihkan airnya dan bilas pare sampai bersih. Karena getah pada pare sudah dikeluarkan, rasa pahitnya pun hilang tak tersisa.

Nggak melulu pakai garam, kamu juga bisa merendam irisan pare dengan larutan cuka. Cukup rendam selama beberapa saat, lalu bilas irisan pare dengan air bersih. Cara ini juga dianggap ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada pare.

Usut punya usut, ada cara lain, tanpa diremas garam maupun direndam cuka, bisa dipraktikkan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Cara lain tersebut sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Pawon Ndayu.

Di unggahan videonya, warganet ini hendak mengolah pare jadi menu tumisan. Sebelum dimasak dengan bumbu, ia sengaja mengolah pare terlebih dahulu agar rasa pahitnya hilang tak tersisa. Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya