Tanpa baking soda dan garam, ini trik merebus buncis agar tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur

Tanpa baking soda dan garam, ini trik merebus buncis agar tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur
YouTube/yuk_masak.gampang

Brilio.net - Sama seperti sayuran lainnya, buncis juga mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari healthline.com, sayuran hijau ini punya kandungan mineral, protein, vitamin C, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Buncis bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Rasanya sedikit manis dan bertekstur renyah saat dimakan. Tapi nggak cuma dijadikan lalapan, buncis juga dapat diolah jadi berbagai hidangan misalnya ditumis atau dijadikan menu berkuah.

Nah, sebelum diolah jadi berbagai hidangan, buncis biasanya direbus terlebih dahulu. Sayangnya, proses perebusan ini membuat warna buncis jadi berubah hijau gelap. Tampilan buncis rebus pun nggak menarik lagi.

Nah, supaya buncis rebus tetap hijau cerah, kamu bisa menambahkan baking soda atau garam ke air rebusan. Kedua bahan ini dipercaya ampuh mengubah air rebusan jadi bersifat basa. Alhasil senyawa klorofil (warna hijau di sayuran) bisa bertahan meski direbus dalam waktu lama.

Namun, nggak melulu pakai baking soda maupun garam, ternyata ada bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk merebus buncis. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube yuk_masak.gampang. Di unggahan videonya, warganet satu ini menambahkan satu bahan dapur lain ke dalam air rebusan buncis. Meski bukan baking soda atau garam, hasil rebusan buncis tetap berwarna hijau cerah, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya