Tanpa diungkep atau dimarinasi dulu, ini cara menggoreng ati ampela agar tak bikin minyak meletup

Tanpa diungkep atau dimarinasi dulu, ini cara menggoreng ati ampela agar tak bikin minyak meletup
TikTok/@nazraaghniya

Brilio.net - Ati dan ampela merupakan bahan makanan yang menyehatkan dan banyak digemari. Meski masuk ke dalam kategori jeroan, namun ati ampela mengandung gizi tinggi, lho. Dilansir dari licious.in, kedua jeroan ini mengandung banyak protein, vitamin, hingga mineral yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi, jeroan akan membantu meningkatkan imun tubuh, menguatkan otot, hingga meningkatkan sel darah merah.

Tingginya kandungan nutrisi pada jeroan membuat banyak orang kerap memilihnya sebagai lauk pendamping nasi. Memang pada dasarnya, jeroan bisa dimasak jadi berbagai menu lezat. Mulai dari rendang, aneka tumisan, sambal, hingga dibikin bersama kuah santan segar.

Selain dimasak dengan aneka bumbu, ati ampela juga biasa diolah dengan cara digoreng saja. Menu olahan ati ampela goreng terbilang sangat simpel. Untuk membuat ati ampela goreng, kamu cukup membumbuinya lalu menggorengnya begitu saja.

Tapi meski terkesan simpel, menggoreng ati ampela ternyata tidak semudah itu, lho. Saat digoreng, ati ampela biasanya dapat menyebabkan letupan minyak yang cukup besar. Jika letupannya terkena kulit, tentu bisa menimbulkan luka bakar yang menyakitkan.

Demi mencegah terjadinya hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan trik. Jadi, ati ampela yang akan digoreng harus diungkep atau dimarinasi dulu dalam waktu lama. Setelah itu, ati ampela ditusuk-tusuk menggunakan lidi. Hal ini dinilai dapat mencegah terjadinya letupan minyak saat ati ampela digoreng.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih praktis dari itu, lho. Seorang pengguna TikTok @nazraaghniya pernah membagikan cara mudah menggoreng ati ampela agar tak meletup. Melalui video yang dia unggah berdurasi 39 detik, warganet satu ini mengaku tidak mengungkep atau memarinasi ati ampela terlebih dahulu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya