Trik bikin tim telur agar hasilnya lembut, mulus, dan tidak retak

Trik bikin tim telur agar hasilnya lembut, mulus, dan tidak retak
YouTube/Dapur Bunda Yutty

Brilio.net - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi banyak orang. Telur juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Dilansir dari healthline.com, telur punya kandungan protein, asam folat, vitamin A, B, dan D, dan lain-lain. Jika dikonsumsi secukupnya, telur mampu menambah energi, meningkatkan kolesterol baik, hingga menyehatkan jantung.

Telur juga sangat praktis untuk diolah, dengan cara digoreng, direbus, dikukus, maupun dibakar. Namun jika kamu ingin mengonsumsi telur dengan cara lebih sehat dan terbebas minyak, coba bikin tim telur. Tim telur atau yang biasanya disebut dengan chawan mushi terbuat dari campuran air dan telur yang diolah dengan cara dikukus.

Biasanya tim telur disajikan di mangkuk tahan panas lalu diberi topping irisan daun bawang. Teksturnya sangat lembut dan bercita rasa lezat. Hidangan satu ini sering diandalkan di berbagai restoran khas Cina, Jepang, serta Korea. Meskipun begitu, kamu bisa lho mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana.

Sebelum membuat tim telur, perhatikan dulu cara mengukusnya. Karena mengukus tim telur ini berbeda dengan cara mengukus makanan biasanya. Jika tim telur direbus dengan cara biasa, tekstur permukaannya akan berongga bahkan tak sedikit juga yang retak. Hal ini karena uap panas pada kukusan berubah menjadi air yang akhirnya mengenai permukaan telur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya