Bukan diberi air cucian beras atau jeruk nipis, ini trik cuci kolang-kaling agar tak berlendir & asam

Bukan diberi air cucian beras atau jeruk nipis, ini trik cuci kolang-kaling agar tak berlendir & asam
foto: YouTube/Teh Furry Cil's

Brilio.net - Bagi beberapa orang, mengolah kolang-kaling menjadi PR tersendiri. Bukan tanpa sebab, bahan makanan satu ini dikenal memiliki banyak lendir dan bau asam. Tak hanya itu, tekstur kolang-kaling yang keras juga termasuk tantangan tersendiri untuk mengolahnya agar bisa empuk dan lebih enak saat dikonsumsi.

Pada dasarnya, butuh sejumlah trik khusus untuk mengolah kolang-kaling, termasuk mencucinya agar bebas lendir dan asam. Salah satu metode yang paling banyak dilakukan adalah dengan merendam kolang-kaling dalam air cucian beras. Atau ada juga yang mencucinya dengan air jeruk nipis.

Sejumlah metode tersebut dinilai dapat membuat kolang-kaling jadi lebih bersih kesat. Namun tetap ada kekurangan dari masing-masing metode ini. Merendam kolang-kaling dalam air cucian beras membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan hingga semalaman. Sedangkan mencucinya dengan air jeruk nipis hanya akan menghindari bau asamnya saja, tidak dengan lendir yang menempel.

Nah, agar lebih efektif, kamu bisa mencuci kolang-kaling dengan metode lain seperti yang dilakukan pengguna YouTube Teh Furry Cil's. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan air cucian beras atau jeruk nipis. Namun ada bahan lain yang lebih ampuh dan cepat menghilangkan lendir dan bau asam kolang-kaling.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya