Tak perlu disikat, emak-emak ini punya trik basmi kerak dan minyak di wajan pakai 3 bahan dapur

Tak perlu disikat, emak-emak ini punya trik basmi kerak dan minyak di wajan pakai 3 bahan dapur
foto: Instagram/@rumah.kamali

Brilio.net - Sejumlah aktivitas memasak memang berpotensi membuat perabot dapur kotor. Wajan jadi salah satu perabot yang sering diandalkan dalam memasak berbagai macam menu dan rentan kotor. Bukan tanpa sebab, wajan memang bisa digunakan untuk menggoreng atau menumis bahan makanan.

Nah, berbagai macam proses memasak yang melibatkan minyak ini seringkali bikin wajan jadi licin dan lengket. Bahkan dalam beberapa kasus, sisa makanan yang menempel bisa menghasilkan noda kerak. Padahal campuran kerak masakan dan minyak ini bisa bikin wajan semakin sulit dibersihkan.

Masalah tentang wajan yang kotor karena kerak dan minyak ini memang sering dialami banyak orang, termasuk emak-emak pengguna Instagram @rumah.kamali. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bahwa wajan stainless miliknya jadi berkerak dan penuh noda minyak karena digunakan memasak.

"Orang Indonesia pasti suka makanan yang berminyak. Tahu kan? Kalau habis masak masakan yang berminyak itu pancinya pas dicuci suka masih lengket-lengket gitu. Padahal bikin kesatnya gampang banget, lho," ujar Instagram @rumah.kamali.

Untuk menghilangkan noda kerak dan minyak di wajan, biasanya sejumlah orang akan menggosoknya dengan sabut kawat. Meski bisa bikin keraknya hilang, namun proses ini berpotensi membuat wajan tergores dan rusak. Selain itu, sabut kawat tidak bisa langsung menghilangkan noda minyak yang lengket di wajan. Lalu, harus gimana, dong?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya