Tanpa direndam cuka dan baking soda, ini cara menghilangkan karat pada sendok pakai 1 bahan dapur

Tanpa direndam cuka dan baking soda, ini cara menghilangkan karat pada sendok pakai 1 bahan dapur
YouTube/Nurul Piqri

Brilio.net - Sendok termasuk salah satu alat makan yang paling sering digunakan. Tak hanya untuk makan, sendok juga dipakai untuk mengambil dan memindahkan masakan atau makanan. Setelah digunakan, sendok pun jadi kotor dan harus segera dibersihkan.

Walaupun sering dibersihkan, namun sendok bisa rawan terkena noda membandel, lho. Salah satu noda yang sering ditemui pada sendok adalah karat. Biasanya karat akan mudah menempel pada sendok berbahan stainless steel atau logam.

Karat pada sendok tidak terjadi begitu saja. Hal ini terjadi akibat adanya sisa makanan dan air yang masih menempel. Saat dibiarkan dan sendok disimpan dalam tempat lembap, sisa makanan tersebut akan berubah jadi karat.

Sayangnya, karat ini jadi noda yang sulit sekali dihilangkan. Sedangkan jika dibiarkan begitu saja, noda karat bisa semakin banyak dan menutupi seluruh permukaan sendok. Tak jarang sebagian orang memilih membuang sendok berkarat tersebut karena dianggap tidak layak pakai.

Tapi alih-alih membuangnya, kamu sebenarnya bisa menghilangkan karat tersebut dengan berbagai bahan, lho. Sejumlah orang biasanya akan mengandalkan cuka dan baking soda. Jadi, sendok akan direndam dalam campuran bahan tersebut selama beberapa menit.

Walaupun ampuh menghilangkan karat, namun bau cuka yang menyengat biasanya akan tertinggal dan cukup mengganggu. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan alternatif lain. Sama yang dilakukan oleh Nurul Piqri.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya