Tanpa minyak kelapa, ibu rumah tangga ini bagikan trik menanak nasi agar rendah gula dan tak berkerak

Tanpa minyak kelapa, ibu rumah tangga ini bagikan trik menanak nasi agar rendah gula dan tak berkerak
foto: Instagram/@homeeva___

Brilio.net - Nasi putih yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dikenal sebagai salah satu bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Dilansir dari hsph.harvard.edu, nasi yang tinggi kadar glikemik cenderung berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, penderita diabetes biasanya akan membatasi atau bahkan menghindari konsumsi nasi putih.

Tapi alih-alih menghindarinya, ada sebagian orang yang masih memilih mengonsumsi nasi putih. Namun dengan sejumlah aturan, mulai dari membatasi porsi atau bahkan mengatur cara masaknya. Memang ada sejumlah metode yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar gula pada nasi.

Salah satu metode menanak nasi yang sangat populer adalah dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam beras yang hendak dimasak. Namun selain dengan menambahkan minyak kelapa, ada teknik lain yang dapat dipraktikkan, lho. Seorang ibu rumah tangga bernama Eva pernah membagikannya di salah satu video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Melalui akun Instagram @homeeva___, Eva mengaku hanya menggunakan alat khusus. Dilansir BrilioFood pada Jumat (15/3), alat khusus yang dimaksud adalah saringan pengukus nasi. Nah, saringan ini berbentuk menyerupai panci rice cooker (inner pot), namun ukurannya lebih kecil dan berbahan stainless steel. Kamu bisa membelinya di toko daring atau toko perabot dapur.

(brl/jad)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya