Trik simpel melunakkan karet kulkas yang kaku tanpa perlu dilepas maupun pakai air panas

Trik simpel melunakkan karet kulkas yang kaku tanpa perlu dilepas maupun pakai air panas
YouTube/Yos Channel

Brilio.net - Jika kamu memiliki kulkas di rumah, mengetahui cara merawatnya menjadi hal yang sangat penting. Karena seiring usia pemakaiannya, kulkas bisa jadi perabot yang rentan rusak. Kerusakan ini bisa berasal dari berbagai komponennya, salah satunya adalah karet kulkas.

Nah, bagi kamu yang tengah bingung saat hendak membeli kulkas baru, Samsung RS63 Kulkas Side By Side bisa menjadi pilihan. Kulkas ini dilengkapi dengan SpaceMax Technology™ yang membuat dinding kulkas lebih ramping sehingga menciptakan ruang penyimpanan lebih luas. Kulkas ini juga memiliki fitur All-around Cooling yang memastikan sirkulasi pendinginan merata di setiap kompartemen kulkas, sehingga makanan tetap segar lebih lama.

Selain itu, kulkas ini menggunakan Digital Inverter Compressor yang hemat energi, senyap, dan tahan lama. Kulkas ini juga memiliki 3 pintu yang dapat membantu menjaga suhu dalam kulkas hingga 55% lebih rendah. Kulkas ini cocok untuk kamu yang menginginkan kulkas dengan performa optimal dan desain modern. Untuk mengetahui harga termurahnya kamu bisa cek di bawah ini.

Karet kulkas terletak di bagian pintu kulkas. Komponen ini punya banyak sekali fungsi. Misalnya sebagai perekat pintu dan bodi kulkas, meredam bunyi pintu kulkas ditutup, menjaga udara yang ada di luar dan di dalam kulkas agar tidak tertukar, hingga menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin menjadi fungsi karet kulkas yang sangat penting.

Oleh sebab itu, jika karet kulkas bermasalah, bisa jadi suhu di dalam kulkas akan terpengaruh. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah karet kulkas yang kaku dan keras. Jika usia kulkas sudah bertahun-tahun, kelenturan karetnya memang bisa berkurang. Alhasil, pintu kulkas tidak bisa ditutup rapat dan suhu kulkas jadi nggak dingin. Masalah seperti ini sering dialami banyak orang, salah satunya pengguna YouTube Yos Channel.

"Kali ini saya memeriksa karet pintu kulkas yang kurang rapat, yang membuat kulkas kurang dingin, di bagian atas karet ada yang tidak rapat," ujar Yos Yos Channel, dikutip BrilioFood pada Senin (29/5).

Trik simpel melunakkan karet kulkas yang kaku tanpa perlu dilepas maupun pakai air panas

foto: YouTube/Yos Channel

Selain membawanya ke tukang servis kulkas, sejumlah orang biasanya memperbaiki sendiri dengan mengandalkan air panas. Jadi, biasanya karet akan dilepas dari pintu kulkas lalu direndam di air panas hingga teksturnya lunak kembali. Hal ini memang efektif, namun mencabut dan memasang kembali karet kulkas terkadang jadi hal merepotkan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya