11 Resep trancam kacang panjang ala rumahan, enak, praktis, dan menggugah selera

11 Resep trancam kacang panjang ala rumahan, enak, praktis, dan menggugah selera
Instagram/@ocha_chupid; Instagram/@indahdapur

Brilio.net - Kacang memiliki banyak manfaat, lho. Dikutip dari vegaproduce.com, kacang panjang merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk vitamin C, vitamin A, folat, potasium, dan zat besi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Berbagai manfaat yang ada pada kacang panjang, baik untuk asupan sehari-hari. Pasalnya, sayuran satu ini cocok diolah bersama aneka bahan lain. Dibikin tumis, gulai, oseng, lalapan, hingga dimasak trancam.

Trancam mirip urap khas Jawa Tengah yang terbuat dari sayuran mentah, kelapa parut, dan aneka bumbu. Untuk membuat trancam kacang panjang, tidak sulit, lho.

Ada beberapa jenis trancam kacang panjang yang bisa kamu buat, yaitu mentah ataupun dikukus. Cara membuat trancam mentah, campur bumbu halus dengan kelapa yang sudah diparut kasar, lalu aduk rata dengan sayuran kacang panjang dan lainnya.

Sedangkan untuk membuat trancam kacang panjang kukus, bumbu-bumbu dihaluskan dan dicampur dengan kelapa yang sudah diparut kasar lalu dikukus kurang lebih selama 15 menit agar awet dan tidak mudah basi. Lalu campurkan dengan sayuran.

Nah, untuk kamu yang ingin coba bikin trancam kacang panjang ala rumahan yang enak dan praktis. Yuk, langsung saja ikuti sejumlah resep yang telah dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Minggu (21/5).

Magang: Umi Amalia Rusda

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya