Trik menghangatkan nasi sisa yang sudah disimpan di kulkas, cepat tanpa kukusan dan microwave

Trik menghangatkan nasi sisa yang sudah disimpan di kulkas, cepat tanpa kukusan dan microwave
foto: YouTube/Ms.La's Cooking

Brilio.net - Sebagian besar orang Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Selain bikin kenyang, nasi juga cocok dipadukan dengan berbagai jenis lauk dan sayuran. Tak hanya nasi putih, ada juga nasi merah, cokelat, atau hitam yang banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Karena dijadikan menu makanan sehari-hari, banyak orang kemudian sengaja memasak nasi dalam porsi besar. Memang, dengan begitu, kamu nggak perlu bolak-balik memasak nasi di setiap jam makan. Kamu bisa langsung menyantap nasi tanpa perlu repot-repot memasaknya dulu.

Namun di waktu-waktu tertentu, terkadang masih ada sisa nasi yang tidak bisa habis dikonsumsi. Jika dibiarkan di rice cooker, nasi berpotensi jadi basi atau terlalu kering. Hal ini ditandai dengan kondisi nasi yang mulai menguning dan mengeluarkan bau tak sedap. Jika sudah seperti itu, nasi tentu tidak bisa dikonsumsi lagi.

Supaya tak terbuang percuma, sisa nasi ini kerap disimpan dalam kulkas agar tetap bisa disantap. Namun menyantap nasi dalam kondisi dingin tentu tidak enak. Oleh karena itu, kamu harus menghangatkannya terlebih dahulu.

Ada beberapa cara menghangatkan nasi. Umumnya, sebagian besar orang mengandalkan kukusan atau microwave. Kedua alat ini memang bisa bikin nasi tetap lembut dan hangat dalam waktu cepat.

Tapi masalahnya, menyiapkan panci kukusan kerap menjadi hal merepotkan, terlebih jika porsi nasi yang dihangatkan cenderung sedikit. Sedangkan tidak semua orang memiliki microwave di dapurnya. Jika sudah begitu, kamu harus memutar otak untuk menghangatkan nasi dengan cara lain.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya