Tanpa margarin, ini trik bikin adonan pisang goreng tak berminyak dan renyah cuma tambah 1 bahan dapur

Tanpa margarin, ini trik bikin adonan pisang goreng tak berminyak dan renyah cuma tambah 1 bahan dapur
YouTube/DAPUR RAYYANKA

Brilio.net - Pisang goreng sudah menjadi camilan andalan yang selalu cocok disajikan di berbagai situasi. Tak hanya ketika nongkrong, pisang goreng juga bisa disajikan untuk jamuan saat ada tamu berkunjung. Selain itu, pisang goreng pun kerap dihidangkan di berbagai acara hajatan.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jenis gorengan satu ini punya rasa manis yang menggugah selera. Selain itu, teksturnya yang renyah juga semakin membuat pisang goreng jadi camilan yang bikin nagih. Tak ayal mulai dari anak kecil hingga orang tua gemar makan pisang goreng.

Tapi selain enak, kelebihan lain dari pisang goreng adalah proses pembuatannya yang mudah. Cukup dilapisi dengan adonan tepung lalu digoreng, olahan pisang sudah bisa disajikan di meja makan. Nah, adonan tepung pada pisang inilah yang menjadi kunci utama kerenyahan dan kelezatan camilan ini, nih.

Pada dasarnya, adonan pisang goreng dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dan aneka bumbu. Namun kini, ada beberapa orang yang kemudian menambahkan bahan lain sebagai perenyah. Margarin adalah salah satunya. Bahan satu ini dipercaya dapat meningkatkan tekstur renyah pada adonan pisang goreng.

Tapi tahu nggak sih, ada bahan perenyah lain yang bisa ditambahkan jika kamu sedang kehabisan stok margarin. Nah, hal ini pula pernah dibagikan oleh pengguna YouTube DAPUR RAYYANKA melalui salah satu video yang dia unggah. Dia mengaku menggunakan alternatif bahan lain untuk merenyahkan pisang goreng buatannya.

Pisang goreng buatannya tersebut tidak hanya bertekstur renyah, namun permukaannya juga cenderung nggak berminyak. Pisang goreng pun lebih renyah dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan hasil yang seperti itu, dia menggunakan dua jenis adonan pencelup dengan tekstur yang berbeda.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya