Pakai 1 bahan dapur, begini cara merebus bayam agar warnanya tetap hijau cerah dan nggak lembek

Pakai 1 bahan dapur, begini cara merebus bayam agar warnanya tetap hijau cerah dan nggak lembek
YouTube/Sasa Suratman

Brilio.net - Bayam termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang kaya nutrisi. Dilansir dari healthline.com, sebanyak 100 gram bayam mengandung sekitar 3 gram protein, 2 gram serat, dan hampir 4 gram karbohidrat. Nutrisi penting tersebut bisa mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Di balik nutrisinya yang padat, bayam kerap dijadikan sebagai pilihan menu sayur di rumah. Bahan makanan satu ini memang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, misalnya sayur bening, tumis bayam, atau lalapan. Rasanya yang enak membuat banyak orang gemar mengonsumsi bayam.

Di antara deretan menu olahannya, bayam seringkali dimasak dengan metode rebus. Merebus bayam bisa membuatnya cepat matang dalam hitungan menit. Selain itu, teksturnya juga lembut, sehingga mudah dikunyah.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak merebus bayam. Pasalnya, sebagian orang biasanya justru gagal dalam merebus bayam. Hal ini ditandai dengan warna bayam yang jadi hitam dan gelap, serta teksturnya yang malah lembek atau bahkan mudah hancur.

Oleh sebab itu, kamu perlu menerapkan sebuah cara khusus agar hasil rebusan bayam bisa cantik dan matangnya pas. Mengonsumsi bayam yang hijau segar dan lembut pasti bisa menggugah selera makan, bukan?

Jika bingung caranya, kamu bisa mencoba tutorial merebus bayam yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Sasa Suratman. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan khusus saat merebus bayam agar warnanya cerah dan kematangannya pas.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya